Copy File antar Server via SSH

SCP (Secure Copy) adalah fasilitas dalam linux yang digunakan untuk transfer file. Berbeda dengan FTP, jika menggunakan FTP, file yang ditransfer tiidak terjamin, karena file yang ditransfer langsung, tanpa melalui proses enkripsi. Namun, dengan menggunakan SCP, file yang hendak di transfer dilakukan enkripsi dahulu, baru di transfer. Namun, keceptan SCP tidak secepat FTP. Read More »

Perlindungan Web Dengan File htacess

File .htaccess merupakan salah satu pendukung keamanan pada sebuah website. File ini bersifat perlindungan preventif sehingga perlu dilakukan modifikasi.

Peringatan: Baca secara teliti! Pada beberapa server pengaturan yang salah akan menyebabkan 500 page errors. Teliti satu per satu untuk rule atau bagian mana yang menyebabkan error untuk itu perlu dilakukan uji coba. Read More »

Backup dan Restore Akun cPanel melalui SSH

Backup dan Restore Akun cPanel melalui SSH

Membuat cadangan akun pada hosting Anda sangat diperlukan agar bisnis Anda bertahan di Internet. Baik bisnis skala kecil atau besar, Anda harus mencadangkan semua data Anda secara teratur minimal seminggu sekali. cPanel menyediakan beberapa script siap pakai yang akan membantu Anda membuat tugas Anda menjadi lebih mudah. Perintah seperti pkgacct digunakan untuk membackup akun web hosting cpanel dan restorepkg untuk mengembalikan akun cpanel melalui SSH atau command line interface. Read More »

Instalasi CPanel Melalui Command Line

Instalasi CPanel Melalui Command Line

CPanel adalah panel kontrol yang sangat serbaguna untuk mengelola server hosting Anda, ini memiliki banyak fitur yang membuat Web hosting lebih mudah untuk Anda.

  • Kemampuan Manajemen Antar Muka yang handal
  • Kemudahan Backup, Migrasi dan restorasi yang sangat mudah
  • Manajemen DNS dan mail server yang sangat baik untuk akun utama dan klien.
  • Manajemen database MySQL yang mudah dan terintegrasi menggunakan PHPMyADMIN

Read More »

Mengubah Hostname Pada Server CentOS

Mengubah Hostname Pada Server CentOS

Secara default, saat melakukan intalasi operating sistem untuk server anda dimulai dengan memberikan nama server sebagai nama host. Sejumlah perangkat lunak, seperti cPanel, memerlukan Nama valid Fully Qualified Domain (FQDN) untuk hostname yang akan digunakan selama sistem verifikasi lisensi mereka. Artikel ini menjelaskan cara mengubah nama host server di CentOS.

Gunakan teks editor, buka file server /etc/sysconfig/network.

#nano /etc/sysconfig/network

Ubah HOSTNAME= sesuaikan dengan hostname FQDN yang baru.

HOSTNAME=myserver.domain.com

Untuk jaringan internal mengubah host yang terkait dengan alamat IP utama untuk server Anda

127.0.0.1      localhost localhost.localdomain

 123.45.67.89   hostname.domain.com   hostname

 ~

 ~

 ~

 ~

 -- INSERT --                         2,43-57    ALL

Setelah selesai lakukan proses penyimpanan

CTRL + X

Reboot server CentOS

reboot

Lalu periksa hostname dengan perintah

hostname