Blog Single

10 Nov

Instalasi LAMP (Linux, Apache, MariaDB, PHP/PhpMyAdmin) di CentOS 7.0

Panduan singkat ini membantu anda langkah instalasi LAMP (Linux Apache, MariaDB, PHP, PhpMyAdmin) di release terbaru yakni.CentOS 7.0. Distro CentOS 7.0, gunakan versi instalasi sistem minimal, dan menggunakan Alamat IP statis untuk konfigurasi jaringan.

Langkah 1: Instal Server Apache dengan Konfigurasi Dasar

<h1>yum install httpd</h1>

Setelah selesai menginstal dengan perintah yum, gunakan perintah berikut untuk mengelola daemon Apache, karena CentOS 7.0 memigrasikan skrip init mereka dari SysV ke systemd – Anda juga dapat menggunakan skrip SysV dan Apache pada saat yang sama untuk mengelola layanan.

<h1>systemctl status|start|stop|restart|reload httpd</h1>

Pada langkah berikutnya, mulailah layanan Apache menggunakan skrip init sistemd dan lalu buka aturan firewall di CentOS 7.0 Firewall menggunakan firewall-cmd, yang merupakan perintah default untuk mengelola iptables melalui firewalld daemon.

<h1>firewall-cmd --add-service=http</h1>

aturan ini akan kehilangan efeknya setelah reboot sistem atau restart layanan firewall, karena ini membuka aturan on-fly, yang tidak diterapkan secara permanen. Untuk menerapkan aturan iptables konsistensi pada penggunaan firewall – opsi permanen dan memulai kembali layanan firewall akan berlaku.

<h1>firewall-cmd --permanent --add-service=http</h1>
<h1>systemctl restart firewalld</h1>
<h1>firewall-cmd --permanent --add-service=http</h1>
<h1>systemctl restart firewalld</h1>

Opsi Firewalld penting lainnya disajikan di bawah ini:

<h1>firewall-cmd --state</h1>
<h1>firewall-cmd --list-all</h1>
<h1>firewall-cmd --list-interfaces</h1>
<h1>firewall-cmd --get-service</h1>
<h1>firewall-cmd --query-service service_name</h1>
<h1>firewall-cmd --add-port=8080/tcp</h1>

Untuk memverifikasi fungsionalitas Apache, buka browser jarak jauh dan ketik Alamat IP server Anda menggunakan protokol HTTP pada URL (http: // server_IP), dan halaman default akan muncul seperti pada gambar di bawah.

Langkah 2: Instal PHP5 untuk Apache

Sebelum menginstal PHP5 untuk Apache, dapatkan daftar lengkap modul dan ekstensi PHP yang tersedia menggunakan perintah berikut.

<h1>yum search php</h1>

Tergantung pada jenis aplikasi apa yang ingin Anda gunakan, instal modul PHP yang diperlukan dari daftar di atas, tetapi untuk dukungan dasar MariaDB di PHP dan PhpMyAdmin Anda perlu menginstal modul berikut.

<h1>yum install php php-mysql php-pdo php-gd php-mbstring</h1>

Untuk mendapatkan daftar informasi lengkap di PHP dari browser Anda, buat file info.php di Apache Document Root menggunakan perintah berikut dari akun root, restart layanan httpd dan arahkan browser Anda ke alamat http: //server_IP/info.php.

<h1>sudo nano /var/www/html/info.php</h1>
<h1>&lt; ?php phpinfo(); ?&gt;</h1>

Jika Anda mendapatkan kesalahan pada PHP Date dan Timezone, buka file konfigurasi php.ini, cari dan hapus komentar tanggal date.timezone, tambahkan lokasi fisik Anda dan restart daemon Apache.

<h1>sudo nano /etc/php.ini</h1>

Cari dan ubah baris date.timezone agar terlihat seperti ini, menggunakan daftar Timezones yang Didukung PHP.

<h1>date.timezone = Continent/City</h1>

contoh

<h1>date.timezone = Asia/Jakarta</h1>

Langkah 3: Instalasi dan Konfigurasi Database MariaDB

CentOS 7.0 beralih dari MySQL ke MariaDB untuk sistem manajemen basis data defaultnya. Untuk menginstal database MariaDB gunakan perintah berikut.

<h1>yum install mariadb-server mariadb</h1>

Setelah paket MariaDB terinstal, mulai daemon basisdata dan gunakan skrip mysql_secure_installation untuk mengamankan basis data (atur kata sandi root, nonaktifkan logon dari jarak jauh dari root, hapus database uji dan hapus pengguna anonim).

<h1>systemctl start mariadb</h1>
<h1>mysql_secure_installation</h1>
Langkah 4: Instal PhpMyAdmin
Secara default, repositori RHEL 7.0 atau CentOS 7.0 resmi tidak menyediakan paket biner apa pun untuk PhpMyAdmin Web Interface. Jika Anda tidak nyaman menggunakan baris perintah MySQL untuk mengelola database Anda, Anda dapat menginstal paket PhpMyAdmin dengan mengaktifkan CentOS 7.0 rpmforge repositori menggunakan perintah berikut.
<h1>yum install http://pkgs.repoforge.org/rpmforge-release/rpmforge-release-0.5.3-1.el7.rf.x86_64.rpm</h1>

Setelah mengaktifkan rpmforge repository, selanjutnya instal PhpMyAdmin.

<h1>yum install phpmyadmin</h1>

Selanjutnya konfigurasikan PhpMyAdmin untuk mengizinkan koneksi dari host jarak jauh dengan mengedit file phpmyadmin.conf, yang terletak di direktori Apache conf.d, mengomentari baris berikut.

<h1>sudo nano /etc/httpd/conf.d/phpmyadmin.conf</h1>

Gunakan # dan komentari baris ini.

<h1>Order Deny,Allow</h1>
<h1>Deny from all</h1>
<h1>Allow from 127.0.0.1</h1>

Untuk dapat masuk ke antarmuka Web PhpMyAdmin menggunakan metode autentikasi cookie, tambahkan string blowfish ke file phpmyadmin config.inc.php seperti pada tangkapan layar di bawah menggunakan string rahasia, restart layanan Web Apache dan arahkan browser Anda ke alamat URL http : // server_IP / phpmyadmin

<h1>nano /etc/httpd/conf.d/phpmyadmin.conf</h1>
<h1>systemctl restart  httpd</h1>

Langkah 5: Aktifkan LAMP System-wide

Jika Anda memerlukan layanan MariaDB dan Apache secara otomatis dimulai setelah reboot, jalankan perintah berikut untuk mengaktifkannya di seluruh sistem.

<h1>systemctl enable mariadb</h1>
<h1>systemctl enable httpd</h1>

Selamat mencoba.

Related Posts

1
Butuh Bantuan
Halo, ada yang bisa kami bantu
Powered by