Perbedaan Web Hosting dan Cloud Hosting

Web hosting merupakan suatu layanan yang menyewakan tempat (space) untuk situs Anda. Dengan layanan ini Anda bisa memakai nama situs (domain) untuk diarahkan pada website tersebut. Di sini Anda bisa mengelola file serta data base dengan pilihan platform yang berbeda seperti mySQL atau PHP.

Anda juga akan diberikan email oleh provider (penyedia layanan). Biasanya web hosting diisi oleh sehingga Anda pun harus mengantri untuk memanfaatkan layanannya. Web hosting juga memiliki beberapa jenis yaitu sebagai berikut.

  1. Free web hosting (hosting yang disediakan secara gratis).
  2. Shared web hosting (hosting yang sama untuk satu atau banyak website).
  3. Reseller web hosting (pengguna menjadi penyedia hosting dan bisa menjualnya pada pihak ketiga).
  4. Clustered hosting (hosting yang memiliki beberapa server untuk konten yang sama).
  5. Dedicated hosting (pengguna memiliki kontrol secara penuh pada web servernya).
  6. Managed hosting (pengguna memiliki kontrol atas web servernya, tetapi layanan dan pemeliharanaan tetap berada pada provider).
  7. Virtual private server/virtual dedicated server (pengguna memiliki kebebasan untuk mengelola sistem operasi serta platform yang digunakan).
  8. Cloud hosting. Pembahasan di bawah.

cloud hosting sebenarnya merupakan bagian dari web hosting. Cloud hosting disebut juga dengan cloud server. Dengan hosting ini,cloud hosting Indonesia, Anda sebagai pengguna memiliki hosting yang mumpuni dan hAndal.

Cloud hosting ini bisa dikatakan sebagai layanan hosting terbaik. Di sini memungkinkan adanya beberapa server yang dapat dijadikan satu yang memiliki fungsi disk virtual (storage) dan beberapa server lain dijadikan satu untuk fungsi sebagai CPU virtual (computing node).

Dengan cloud hosting ini beberapa server bisa membentuk suatu jaringan (network) yang mana masing pengguna memiliki keamanan jaringan yang tak bisa dimasuki oleh pengguna lain. Dengan adanya layanan cloud hosting seperti ini Anda tetap bisa menggunakan satu server dengan berbayar.

Cloud hosting terbaik ini tetap bisa berjalan dengan baik meski pada salah satu server mengalami kerusakan atau overload. Hal tersebut tak berpengaruh pada server lain. Di sinilah perbedaannya dengan web hosting.

Pada cloud hosting Anda memiliki keleluasaan untuk mengelola server sesuai kebutuhan Anda. Dengan layanan seperti ini Anda akan mudah mengelola situs, entah itu untuk kebutuhan perusahaan, pribadi, atau untuk yang lainnya.